Selamat Datang....

Selamat Datang Di Blog Marsono Al-Fakir. Anda akan Mendapatkan Berbagai Informasi dari Blog ini

Senin, 22 November 2010

Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment atau Sistem Manajemen Pembelajaran online (Learning Management System)

Moodle (noun) Singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Sistem Manajemen Pembelajaran Online (Learning Management System) yang dirancang untuk menciptakan kesempatan untuk berinteraksi antara guru dan peserta didik.

To moodle (verb) proses bermain-main menyenangkan yang sering mengakibatkan pertumbuhan pengetahuan, wawasan dan kreativitas. Ini berlaku baik pada saat Moodle dikembangkan, juga pada saat kita menggunakannya dalam proses mengajar dan belajar.

Bayangkan Moodle sebagai sebuah platform yang dilengkapi dengan berbagai jenis bagian.

Pada platform ini, kita dapat memiliki berbagai macam pondasi (yang disebut topik/courses).

Di sinilah tempat kita menyimpan bagian-bagian (activities, resources, modules, plugins, blocks, filters).


Bayangkan kita dapat melakukan empat hal dasar yang direpresentasikan dengan
empat bagian. (menyimpan, berkomunikasi, berkolaborasi, evaluasi).
Kita dapat menyimpan file, folder, halaman web, links, database, paket LMS, portofolio, dan label...
kita dapat berkolaborasi melalui blog, wiki, glossary, social network, forum, database, lesson dan workshop.
sebagai contoh kita dapat :
- Membuat siswa mempublish, merefleksikan, dan mencatat
- Brainstorm, design group-o-pedia, track research, "jigsaw" contribute, build collective argument, cluster maps, histories of achievement
- Membiarkan siswa membuat dan menjelaskan sendiri daftar kata, referensi
- Mencari, berhubungan dan berbagi dengan pengguna yang mempunyai kesamaan
- Memoderatori sebuah perdebatan, diskusi terarah, melihat, menilai dan memberikan kontribusi pendapat
- Secara bersama, membuat menyimpan, dan mencari koleksi yang dihasilkan oleh kelas....
- Menampilkan informasi, memilih berdasarkan kemampuan siswa
- brainstorm, develop, refine, conclude, peer-assess a topic
Dan banyak lagi.....
Kita dapat melakukan evaluasi dengan :
- Quiz
- Grade
- Choice
- Assignment
- Scales
- Survey
- Rating
- Gradebook
Sebagai contoh kita dapat :
- Menentukan sendiri penilaian berdasarkan ABCD, 1-5, 1-10, Hasil, SK, KD
- Memeriksa dan membangu pemahaman siswa menggunkan pilihan ganda, benar/salah, Essay, menjodohkan, isian singkat
- Dengan cepat mengumpulkan opini, izin, voting
- Menulis dan memasukkan secara online maupun offline tugas dan portovolio
- Membuat format umpan balik, penilaian sejawat dengan mudah
- Menggunakan survey yang telah ada untuk pembelajaran konstruktif
- Mencari opini, evaluasi diri dan sejawat, melakukan penilaian berdasarkan rating
- Memiliki semua nilai siswa dalam satu tempat
Kita dapat memiliki semua bagian sebanyak yang kita mau. Tetapi kita juga bisa memperoleh bagian-bagian lain yang dapat digunakan. Kita dapat menyusun bagian-bagian tersebut dengan urutan apapun sesuai yang diperlukan dalam pendidikan. Kita menentukan siapa yang dapat masuk dan apa yan dilakukannya, itulah fungsinya peran (Roles). Kita dapat dengan mudah melihat apa yan orang lain lakukan dan melakukan pengawasan sebanyak dan sedikit yang kita mau.
Kita dapat menjalankan Moodle dalam sebuah komputer Stand-alone, server lokal atau internet. Demikian sedikit penjelasan tentang penggunaan Moodle, dalam sistem pembelajaran berbasis website, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dalam pendidikan yang lebih modern....
Di ambil dari berbagai sumber.