Selamat Datang....

Selamat Datang Di Blog Marsono Al-Fakir. Anda akan Mendapatkan Berbagai Informasi dari Blog ini

Sabtu, 14 Mei 2011

Akses Jaringan Internet Wi-Fi Terganggu Karena Pemanasan Global

Pemanasan Global

Akses internet melalui Wi-Fi serta sarana komunikasi lain menghadapi ancaman yang cukup besar terkait pemanasan global saat ini kecuali jika sejumlah tindakan dilakukan untuk melindungi jaringan tersebut dari temperatur suhu yang terus meningkat serta cuaca yang semakin memburuk.

Ancaman yang muncul akibat perubahan iklim terhadap akses internet dan telepon merupakan kejadian langka dan hanya negara maju yang mengalami dampak lebih parah. Di negara berkembang sendiri, risiko lebih besar yang dihadapi akibat perubahan iklim hanyalah banjir, musim kemarau, serta kenaikan permukaan air. Namun tetap saja ini harus diperhatikan oleh pemerintah, untuk mencegah banjir dan penurunan daratan.

Yang saat ini terjadi seperti temperatur udara yang lebih tinggi bisa mengurangi jarak pancaran sinyal perangkat komunikasi internet nirkabel. Adapun hujan badai yang terus melanda Jabodetabek dan daerah lainnya bisa mempengaruhi kehandalan perangkat atau gadget dalam menangkap sinyal. Musim dingin yang lebih basah juga akan menyebabkan longsor, merusak tiang pancang, serta kabel bawah tanah.

Pemerintah mengakui bahwa dampak perubahan iklim pada telekomunikasi tidak dipahami dengan baik sehingga ini harus menjadi . Namun laporan yang disusun menunjukkan sejumlah risiko potensial. Selain dampak terhadap jangkauan dan kehandalan, temperatur yang lebih hangat serta badai yang lebih intens berpotensi menyebabkan infrastruktur komunikasi mengalami kebanjiran atau rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Pemerintah harus memperhatikan infrastruktur, mulai dari jalan dan rel kereta, dari sumber pasokan listrik sampai ke sumber pasokan air, harus dibuat lebih tahan terhadap perubahan iklim. Serta jaringan kabel listrik harus diperkuat untuk mencegah kerusakan, jalan harus dilapisi dengan pelindung permukaan agar aspal tidak meleleh, serta jalur kereta harus dibuat lebih tahan panas agar tidak melengkung. Peneliti juga memperkirakan bahwa perubahan pada pertumbuhan tanaman bisa mempengaruhi bagaimana gelombang frekuensi radio bergerak.


Artikel Akses Jaringan Internet Wi-Fi Terganggu Karena Pemanasan Global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar