Selamat Datang....

Selamat Datang Di Blog Marsono Al-Fakir. Anda akan Mendapatkan Berbagai Informasi dari Blog ini

Selasa, 10 Mei 2011

Hubungan Fungsi Jantung dan Otak – 5 Cara Menjaga Kesehatan Otak

Hubungan Fungsi Jantung dan Otak – 5 Cara Menjaga Kesehatan Otak

brain_heart

Bagian yang penting dalam tubuh manusia yaitu otak. Semua kegiatan pasti melalui otak dan informasi juga di pahami dan diproses diotak. Namun berbagai kegiatan sederhana dapat menjaga otak agar tetap sehat.

Jantung juga bagian penting dalam kinerja otak dengan memompa oksigen menuju keotak. Apa yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Sehingga hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung juga dapat mempengaruhi kerja dan kesehatan otak. Misalnya, plak dan kerusakan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung, juga dapat menyebabkan stroke.

Untuk kita harus merawat jantung kita dengan hal-hal sederhana, seperti mengontrol kolesterol dan tekanan darah, berolahraga minimal seminggu sekali, makan makanan sehat, lakukan hal-hal yang bermanfaat untuk jantung tentu juga akan baik untuk otak.

Selain melakukan kegiatan yang dapat menyehatkan jantung berserta otak, ada 5 cara lain yang dapat mengurangi risiko penyakit dan cedera otak, misalnya:

1. Latihan melatih otak


Otak bisa dilatih dengan melakukan teka-teki dan permainan atau aktivitas seperti membaca, belajar bahasa atau merajut. Sebuah penelitian menunjukkan latihan otak tersebut dapat membantu mencegah beberapa penurunan kapasitas memori dan mencegah terjadinya dementia (pikun).

2. Mengenakan pelindung kepala


Mengenakan pelindung kepala, seperti helm, saat berkendara atau naik sepeda motor atau saat naik sepeda atau saat olahraga tertentu sehingga dapat mencegah terjadinya kejadian atau kecelakaan yang tidak diinginkan, khususnya untuk bagian kepala seperti gegar otak bahkan cedera kepala serius. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

3. Gunakan headset atau speaker saat menggunakan telepon dengan handphone


Sementara penelitian awal belum menemukan bukti bahwa gelombang frekuensi radio dari ponsel meningkatkan risiko tumor otak, namum pengaruhnya bisa menjadi bukti selama puluhan tahun. Maka cara terbaik untuk mencegahnya adalah sebaiknya gunakan headset atau loadspeaker saat Anda berbicara via ponsel.

4. Gaya hidup sehat


Makan makanan bergizi berguna untuk membantu kinerja jantung dan otak kita, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein berkualitas tinggi juga dapat membuat otak tetap tajam dan sehat.

Selain itu, hindari alkohol, berhenti merokok, tidur yang cukup serta kontrol stres melalui relaksasi, meditasi atau olaharag juga dapat menjaga otak berfungsi dengan baik.

5. Pelajari gejala stroke dan segera cari pertolongan


Jangan terkecoh dengan anggapan bahwa stroke tak bisa menyerang orang di usia muda. Persentase 25 % dari semua stroke terjadi pada orang muda yang kurang dari 65 tahun dan bahkan orang dewasa muda dan anak-anak dapat menderita stroke. Cara pengobatan yang cepat dapat membatasi penurunan fungsi otak yang permanen.


Artikel Hubungan Fungsi Jantung dan Otak – 5 Cara Menjaga Kesehatan Otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar