Selamat Datang....

Selamat Datang Di Blog Marsono Al-Fakir. Anda akan Mendapatkan Berbagai Informasi dari Blog ini

Selasa, 05 April 2011

Apa itu Cultural Shock? Dan 5 Ciri Tanda-tanda Cultural Shock

Apa itu Cultural Shock? Dan 5 Ciri Tanda-tanda Cultural Shock

Apa itu Culture Shock Dan 5 Ciri Tanda-tanda Cultural Shock.


Culture Shock adalah perubahan nilai budaya seiring dengan perkembangan jaman dan wawasan yang makin berkembang ini biasanya terjadi pada orang-orang yang secara tiba-tiba berpindah atau dipindahkan ke lingkungan yang baru. Sangat wajar, apabila seseorang yang masuk dalam lingkungan budaya baru mengalami kesulitan dan tekanan mental.

Seperti yang dikatakan Nolan: “lingkungan baru membuat tuntutan-tuntutan dimana kita tidak tahu respon yang tepat, dan respon yang kita berikan tidak menunjukkan hasil yang dikehendaki.” Smith dan Bond juga menawarkan penjelasan yang lebih spesifik mengenai masalah yang timbul karena perpindahan tempat a/l: terpisah dari jaringan sebelumnya yang mendukung, perbedaan iklim, meningkatnya masalah kesehatan, perubahan sumber daya secara material dan teknis, kekurangan informasi tentang rutinitas sehari-hari, dan hal-hal lainnya.

Ada 5 tanda-tanda cultural shock yaitu :

1. Anda terus-terusan berpikir negatif dan mulai membanding-bandingkan keadaan ditempat baru dengan kampung halaman Anda, untuk Anda tempat baru Anda tidak lebih bagus dari kampung halaman Anda, Anda mulai membentuk pencitraan buruk terhadap budaya baru dan menghakimi banyak orang

2. Anda mulai frustasi, gampang marah dengan hal-hal kecil, Anda mulai frustasi karena tidak bisa mengikuti pola hidup disana Anda menjadi malas bergaul dan memilih diam saja karena merasa tidak PD

3. Anda mulai merasa sedih dan terasingkan walaupun saat itu Anda sedang berada di tengah-tengah orang banyak.

4. Anda mulai kehilangan identitas dan ciri-ciri pribadimu

5. Anda mulai merasa kurang sehat, Anda jadi sering flu, pilek, demam, diare dan lain sebagainya.

Bila Anda mengalami 5 tanda-tanda cultural shock jangan panik, tetap jadi diri Anda dan selalu terbuka dengan hal-hal baru yang Anda temui.

Orang lain mencari artikel ini dengan keyword :

cultural shock (7), apa itu culture shock (3), artikel lingkungan budaya kultural (3), Tanda-tanda (2), ciri- ciri culture shock (2), ciri ciri orang shock (1), tanda tanda orang yang prustasi (1), perubahan budaya culture shock (1), penjelasan tentang shock (1), pengertian dari culture shock (1)

Artikel Apa itu Cultural Shock? Dan 5 Ciri Tanda-tanda Cultural Shock ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar